Model pembelajaran PBL (Problem-based Learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam memecahkan masalah atau situasi nyata yang ada di sekitarnya. Berikut adalah sintaks model pembelajaran PBL beserta penjelasannya:
- Persiapan : Menentukan masalah atau situasi nyata yang relevan dengan kehidupan siswa dan kurikulum, Memilih atau merancang tugas atau proyek yang terkait dengan masalah tersebut. Mempersiapkan materi, sumber belajar, dan sumber daya lain yang dibutuhkan.
- Pembentukan kelompok: Membentuk kelompok atau tim kerja yang terdiri dari 4-6 siswa, Menetapkan peran dan tanggung jawab masing-masing anggota kelompok.
- Pemberian tugas atau proyek: Memberikan tugas atau proyek yang terkait dengan masalah atau situasi yang telah ditentukan, Menjelaskan tujuan, kriteria penilaian, dan batasan-batasan yang ada dalam tugas atau proyek tersebut.
- Pengumpulan informasi: Mendorong siswa untuk mencari informasi dan data yang relevan untuk membantu memecahkan masalah, Mendorong siswa untuk melakukan observasi, wawancara, dan riset lain yang diperlukan.
- Analisis informasi: Mendorong siswa untuk menganalisis informasi yang telah ditemukan dengan menggunakan pemikiran kritis dan kreatif, Mendorong siswa untuk menemukan hubungan dan pola dalam informasi yang ada.
- Pengembangan solusi: Mendorong siswa untuk mengembangkan solusi yang memecahkan masalah atau situasi yang ada, Mendorong siswa untuk mempertimbangkan dampak solusi yang mereka ajukan terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Presentasi hasil: Mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil kerja mereka secara jelas dan sistematis, Mendorong siswa untuk menjelaskan bagaimana mereka mencapai solusi dan bagaimana solusi tersebut dapat diimplementasikan.
- Evaluasi: Melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran, termasuk evaluasi terhadap tugas atau proyek yang telah dikerjakan oleh siswa, Memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif kepada siswa.
Metode PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis, kreativitas, dan kemampuan bekerja sama siswa. Metode ini juga dapat
memberikan pengalaman belajar yang lebih autentik dan relevan dengan kehidupan
sehari-hari siswa.
Daftar Pustaka:
Barrows, H. S., & Tamblyn, R.
M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education. Springer
Publishing Company.
Hmelo-Silver, C. E. (2004).
Problem-based learning: What and how do students learn?. Educational psychology
review, 16(3), 235-266.
Hung, W. (2011). Theory to
reality: A few issues in implementing problem-based learning. Educational
technology research and development